Cara Mencegah Pembentukan Batu Empedu

Ada berbagai faktor yang turut berperan dalam proses pembentukan batu empedu, anatara lain faktor genetik, kegemukan, obat-obatan, etnis, penyakit (misal kencing manis, sirosis hati, dsb), diet, kurang olahraga dll. Dari faktor-faktor tersebut, ada faktor yang bersifat dapat dikendalikan dan ada yang tidak dapat dikendalikan. Dalam rangka mencegah terbentuknya batu empedu, tentunya upaya yang dapat dikendalikan seperti faktor diet, mengatur berat badan dan olahraga.

Ada banyak cara untuk mencegah terjadinya batu empedu, misalnya dengan melakukan perubahan pada pola diet dan gaya hidup.

Berikut ini ada tips sederhana cara mencegah terbentuknya batu empedu :

1. Membatasi asupan lemak

Tidak semua lemak memberikan resiko terbentuknya batu empedu, namun lemak yang jumlahnya melebihi kapasitas dalam tubuh tanpa diimbangi dengan komponen lainnya akan membuat timbunan lemak yang akhirnya menimbulkan resiko terhadap gangguan penyakit tubuh, seperti terbentuknya batu empedu.

Dengan membatasi dan mencukup asupan lemak dari berbagai jenis makanan maupun minuman merupakan salah satu langkah awal dalam mencegah terbentuknya batu empedu. Batasi makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti daging merah dan mentega yang dapat menyebabkan terbentuknya batu empedu.

Tubuh tetap membutuhkan lemak untuk memproduksi energi, oleh karenanya beralihlah mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun atau asam lemak omega 3 akan membantu mengurangi resiko terkena batu empedu.

2. Menjaga berat badan tetap sehat ideal

Kelebihan berat badan atau memiliki obesitas semakin memperluas peluang resiko terbentuknya batu empedu. Hidup yang sehat juga perlu diimbangi dengan olahraga minimal 30 menit per sessi cukup 2-3 kali dalam seminggu.

3. Hindari diet tinggi lemak

Diet bukan berarti mengurangi porsi makanan, hanya memperkecil porsi makan, mengurangi atau membatasi jumlah asupan lemak, makanan yang banyak mengandung kalori atau kolesterol tinggi. Lebih baik makan dengan porsi sedikit namun sering dibanding makan dalam jumlah atau porsi banyak namun jarang.

Melakukan diet yang terlalu ketat tanpa diimbangi dan mencukupi kebutuhan komponen zat gizi, berat badan tubuh akan menurun drastis, dan kemudian membuat tubuh mudah lemas dan peluang terbentuknya batu empedu semakin meningkat, karena organ hati dan empedu tidak mendapatkan asupan atau kecukupan gizi, mineral, lemak dan kalori dalam jumlah normal.

4. Membatasi konsumsi alkohol dan kopi

Alkohol tidak hanya terdapat pada jenis minuman saja, alkohol juga terkandung dalam beberapa jenis makanan seperti panganan yang menggunakan ragi, tuak, bir dsb.

Beberapa pendapat ada yang berpendapat bahwa dengan mengkonsumsi alkohol maksimal 2 gelas dalam sehari dapat membantu mengurangi terbentuknya batu empedu.

Hal senada juga disampaikan pada sebuah majalah di The New York Times Health Guide, jika seorang wanita minum 1 oz alkohol dalam sehari dapat mengurangi risiko dari terbentukya batu empedu hingga 20 %.

Kopi yang mengandung unsur kafein tak selalu berbahaya bagi tubuh. Konsumsi dalam takaran normal (1 cangkir = 100 ml). Unsur kafein dalam kopi akan berkontribusi di dalam kandung empedu yang dapat mengurangi proses pembentukan batu empedu.

5. Konsumsi serat pada buah dan sayuran hijau

Diketahui berbagai jenis buah dan sayuran hijau memiliki kandungan tinggi serat yang sangat dibutuhkan tubuh. Mereka yang melakukan penurunan berat badan dan diet untuk membatasi jumlah lemak dengan mencukupi konsumsi serat maka akan membantu mengurangi resiko dari terbentuknya batu empedu.

Konsumsi makanan yang mengandung jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah dan kenari sangat baik dalam pencegahan terjadinya batu empedu. Serat yang juga terkandung dalam jenis sayuran hijau seperti brokoli, kol hijau, bayam, katuk dan sayuran hijau lainnya merupakan sumber serat penting bagi tubuh. Hal penting lainnya adalah membatasi atau mengurangi asupan makanan yang mengandung gula dan karbohidrat, karena dapat memberatkan kerja empedu. Selain itu jangan pernah melewatkan waktu atau jam makan anda, karena hal itu penting dalam pencegahan batu empedu.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Batu Empedu, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Batu Empedu, Penyakit Batu Empedu and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>